Kebiasaan Ringan Ini Buat Mata Mudah Merah
Januari 12, 2017


Mata terasa perih dan memerah di sela-sela aktivitas? Ternyata, beberapa kebiasaan dapat menyebabkan mata memerah secara tiba-tiba.

Banyak alasan yang membuat mata merah, seperti cairan mata kering atau kurang tidur. Kenali beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga mata Anda, dikutip dari laman Prevention.

  1. Mata kering 
    Mata yang kering dapat menyebabkan iritasi dan memerah. Biasanya terjadi pada lansia dan juga jika pada anak muda yang sering menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama. Untuk mencegahnya, usahakan agar mata berkedip sesering mungkin saat menatap layar.
  2. Obat medis 
    Beberapa obat medis seperti antihistamin, obat tidur, anticemas, dan penahan nyeri dapat menyebabkan mata kering dan merah. Jika terasa tidak nyaman, segera gunakan obat tetes mata secukupnya.
  3. Kurang tidur 
    Mata membutuhkan waktu untuk ditutup dalam periode tertentu agar lapisan air mata bisa beregenerasi. Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur tujuh hingga delapan jam agar membuat mata tetap lembab.
  4. Perokok aktif atau pasif 
    Rokok dapat menyebabkan pembuluh darah di mata menjadi mengecil di mana membuat lapisan mata menjadi kering. Untuk itu, usahakan agar mata mendapatkan udara segar dengan menjauh dari asap rokok agar membuat pembuluh darah mata kembali melebar.
  5. Berenang 
    Garam di air laut dapat membuat mata menjadi merah. Kolam renang juga mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri baik di mata sehingga membuatnya iritasi. Jika hal ini terasa menganggu, bilas mata dengan obat tetes mata untuk mengurangi iritasi.
  6. Bakteri atau virus 
    Mata yang terinfeksi membuatnya nampak merah dan bengkak. Segera temui dokter untuk menemukan penyebabnya agar ditangani sesuai permasalahan yang terjadi.