Selain Wortel, Nutrisi ini Juga Dibutuhkan untuk Mata
Januari 12, 2017


Banyak yang mengira, hanya dengan konsumsi wortel, akan memberikan vitamin yang cukup bagi mata. Namun, ternyata nutrisi untuk kesehatan mata, lebih dari sekedar wortel.

Menurut President of the America Optometric Association (AOA), Andrea Thau, untuk membuat penglihatan lebih tajam, membutuhkan lima jenis nutrisi utama. Berikut beberapa nutrisi untuk meningkatkan penglihatan mata, dikutip dari laman Prevention.

  1. Lutein dan Zeaxanthin 
    Zat tersebut adalah karotenoid untuk mata, yang merupakan simpanan antioksidasi. Sebab, sifat stres oxidative pada mata dapat merusaknya dan memicu terjadinya glaukoma. Dengan konsumsi kedua zat itu, yang biasa ditemukan pada brokoli, kale, daun pepaya, maka dapat mencegahnya.
  2. Omega-3 
    Lemak omega-3 baik untuk kesehatan mata karena mengandung DHA dan EPA. DHA sangat dibutuhkan untuk retina dan EPA membantu tubuh memproduksi DHA tersebut. Kandungan nutrisi ini ditemukan dalam ikan salmon dan tuna.
  3. Vitamin A 
    Vitamin A juga sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan pada lapisan mata. Selain ditemukan pada wortel, bisa juga konsumsi mangga, ricotta cheese, bayam dan kentang manis.
  4. Vitamin C 
    Para peneliti menyarankan bahwa konsumsi vitamin C secara rutin, dapat menurunkan risiko katarak. Faktanya lagi, hampir setiap sel di tubuh membutuhkan asupan vitamin C sebagai antioksidasi. Selain pada jeruk, sumber vitamin C ada pada anggur, kiwi, dan stroberi.
  5. Vitamin E 
    Vitamin E seringkali diabaikan. Padahal, vitamin ini sama kuatnya seperti vitamin C dan A, yaitu mengandung antioksidan. Vitamin ini dapat menghadang radikal bebas yang merusak lapisan penting di mata, sehingga cegah terjadinya katarak. Sumber vitamin E yaitu daging merah, oister, dan yoghurt.